My First Scrapbook

5:18 PM

Hello!
Kali ini gua bakal share tentang scrapbook pertama gua, kalo udah baca di postingan sebelumnya pasti tau deh ada video scarapbook gua. Nah sekarang gua bakal jelasin detailnya dan bahan-bahan untuk membuatnya.
Scrapbook ini di bikin dalam jangka waktu yang sebentar, niat awal itu 1 bulan sebelumnya tapi karena gua adalah orang yang sering menunda-nunda pekerjaan jadinya baru di kerjain 2 minggu menjelang target. Oia scrapbook ini khusus gua bikin untuk kado ulang tahun adek gua.
Oke langsung aja yang di perlukan untuk membuat scrapbook :

  • Kertas buffalo (kertas tebal berwarna, biasanya jadi bagian belakang kalo ngejilid buku)
Kertas Buffalo
  • Sampul plastik yang biasa untuk jilid (kurang tau namanya apa)
  • Spidol warna dan kertas warna
  • Berbagai macam foto yang udah di cetak
  • Gambar-gambar untuk hiasan (cukup cari di google lalu print)
Gambar untuk hiasan
Oia untuk gambar-gambar yang buat hiasan lebih bagus di gunting terus di lapisin sama kertas warna. Selain jadi lebih tebal dan awet, permainan warna bikin gambar jadi makin bagus.
Gambar yang abis di print lalu di gunting
Di tempel di kertas warna
Hasilnya...
Nah bahan-bahan tadi untuk isi dan halaman scrapbooknya, kalo untuk cover sih gua bikin pake karton tebel gitu. Kayaknya namanya karton duplex kalo gak salah. Karton duplexnya gua lapis 2 trus di bungkus kertas kado bermotif. 
Karton duplex dan kertas kado
Cover scrapbook
Setelan di bungkus kertas kado kan ada bagian dalamnya yang masih keliatan kartonnya, nah itu di tempel lagi pake karton warna hitam. 
Untuk scrapbook ini gak gua jilid biasa, karena covernya tebel dan keras takut gak bisa di jilid jadi gua bolongin manual pake pembolong kertas. Cover dan semua halaman scrapbook gua satuin pake ring yang bisa di copot gitu, belinya di toko buku yang lengkap pasti ada.
Setelah jadi scrapbooknya, kalian tinggal isi deh sesuai keinginan kalian. Kalo saran gua lebih baik scrapbooknya ada konsep gitu biar makin bagus, jangan kayak scrapbook gua yang kagak berkonsep hahaha :D
Nah berikut ini gua bakal kasih liat scrapbook gua, kalo di video yang di postingan sebelumnya kan kecepetan tuh makanya gua kasih detailnya nih :
Halaman pertama, yang pasti isinya ucapan "Happy Birthday"
Halaman ke-2, foto si "target"
Halaman ke-3, ucapan-ucapan dari keluarga
Halaman ke-4, gak jelas jadi cuma gitu aja hahaha :D
Halaman ke-5, semua hal tentang si "target"
Halaman ke-6, cerita tentang gambar yang ada di halaman kelima
Halaman ke-7, tokoh kartun favorit si "target"
Halaman ke-8, cerita tentang gambar yang ada di halaman ketujuh
Halaman ke-9, foto si "target" dan sahabat-sahabatnya
Halaman ke-10, foto si "target dan sahabat-sahabatnya
Halaman ke-11, kegiatan si "target" bareng sahabat-sahabatnya
Halaman ke-12, foto si "target" dan temen-temen ekskul
Halaman ke-13,  foto si "target" sama sahabat jauhnya
Halaman ke-14, foto si "target" bareng temen SMK
Halaman ke-15 sampe 16, ucapan ulang tahun dalam 16 bahasa (kenapa 16? karena scrapbook ini di kasih pas ulang tahun ke-16)
Halaman ke-17, foto masa kecil si "target"
Halaman ke-18, foto masa kecil si "target" bareng sodara dan temen-temen
Halaman ke-19 sampe 20, fakta dan hal-hal apapun tentang si "target"
Oia perhalaman scrapbooknya gua kasih sampul plastik (yang biasa di pake untuk jilid), itu sih terserah kalian aja karna gak harus ko. Intinya yang terpenting dalam membuat scrapbook itu kreativitas kita, semakin kreatif ya pasti makin bagus hasilnya.
Yap itulah detail scrapbook yang gua bikin, masih acak-acakkan dan gak terkonsep -_- But gua tetep bangga karena bisa bikin scrapbook sendiri dan orang yang gua kasih seneng :D
Oke sampe disini dulu ya, kalo masih kurang jelas kalian bisa tanya langsung ke gua lewat twitter :) Semoga postingan gua kali ini bermanfaat dan menginspirasi :D


You Might Also Like

32 komentar

  1. bagus kak ,jadi lebih kreasi...

    BalasHapus
  2. bagus kak ,jadi lebih kreasi...

    BalasHapus
  3. Tapi ga bisa kak pembolong kertas yang biasa itu buat nglubangin karton yg jadi covernya scrapbookku. Masa harus ganti cover ? Huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ko tapi emang rada susah, atau gak kamu bisa pake Solder aja :D
      Aku juga pake pembolong kertas jadi kurang rapi, tapi aku sayat sendiri pake Cutter gitu sama di tutup kertas kado. mendingan sih kamu coba pake Solder aja deh :)

      Hapus
  4. Tapi ga bisa kak pembolong kertas yang biasa itu buat nglubangin karton yg jadi covernya scrapbookku. Masa harus ganti cover ? Huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Ella!
      Iya kalo covernya terlalu tebel emang rada susah, aku juga ngebolonginnya satu-satu. Kalo mau pake Solder bisa ko. Atau gak bisa ke tukang fotocopy gede yang biasanya bisa ngebolongin kerta tebel gitu.
      Selamat mencoba ;)
      Makasih juga ya udah mampir di blog ku ;)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Haloo!!! Jangan pake unknown dong, jadi gak keliatan ini siapa hehe.
      Kalo ring aku dapet di toko buku Intermedia, coba kamu cari di toko buku gede, biasanya ada ko yang jual ;)
      Btw makasih udah berkunjung ;)

      Hapus
  6. Keren kak mudah juga,thx infonya;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nadila!
      Terima kasih ya udah berkunjung, hehehe mudah-mudahan bisa membantu ya ;)

      Hapus
  7. Itu hiasanya diprint ya kak,gak dicetak?

    BalasHapus
  8. Itu hiasanya diprint ya kak,gak dicetak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di print soalnya jauh lebih murah sama gak terlalu ngeluarin biaya banyak hehehe. TApi itu sih opsinal, kalo mau di cetak juga boleh ko :)

      Hapus
  9. Keren kak mudah juga,thx infonya;)

    BalasHapus
  10. Kalo pake jilid spiral gimana ya kira kira?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Clarisa!
      Bisa kalo pake jilid spiral asal untuk cover jangan terlalu tebel banget biar tukang jilidnya gak susah :)

      Hapus
  11. Keren kak salahnya didaerah aku ga ada toko buku selengkap di kota2 besar 😂😂😂sedihnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rini!
      Wah gak usah sedih, kamu kan bisa beli online hahaha :D Atau gak nanti pas kebetulan lagi main ke kota-kota besar bisa sekalian berburu peralatan buat bikin Scrapbook kok ;) Oia sebenernya keretbatasan gak jadi penghalang buat kreatif loh, ayo manfaatin apa aja yg ada di sekitar kamu ya! Btw thanks udah berkunjung :)

      Hapus
  12. Balasan
    1. Hai ZU!!
      Thanks yaaa, dan terima kasih loh udah berkunjung ;)

      Hapus
  13. mau tanya, itu setiap halaman di pakein sampul plastik kan ya, itu plastiknyaa di tempel atau di gimanain? pliss respon ya thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Siti Rahmah!!
      Iya betul, setiap halamannya aku kasih plastik yang biasanya buat jilid, gak di tempel tapi aku jadiin halaman juga. Sebenernya buat pembatas aja biar lebih keliatan tebel si Scrapbooknya. Oia btw thanks ya udah berkunjung :D

      Hapus
  14. mau tanya, itu setiap halaman di pakein sampul plastik kan ya, itu plastiknyaa di tempel atau di gimanain? pliss respon ya thanks

    BalasHapus
  15. mau tanya, itu setiap halaman di pakein sampul plastik kan ya, itu plastiknyaa di tempel atau di gimanain? pliss respon ya thanks

    BalasHapus
  16. Kak untuk isi dari scrapbooknya itu pake kertas buffalo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Revi! Iya betul, kalo untuk isi dari Scrapbook-nya pake kertas Buffalo. Btw makasih ya sudah berkunjung :D

      Hapus
  17. Itu pembolong kertas yg gimana bisa bolongin karton tebel gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Zahra! Kalo untuk bolonginnya sih aku pake pembolong kertas biasa tapi di bantu pake gunting juga heheh. Btw makasih ya udah berkunjung :D

      Hapus
  18. Please saya minta bantuan buat bikin srapbook...
    Yg pengalaman bisa bantu saya via WA... 085647449732

    BalasHapus
  19. Kerenn, terus berkreasi kakakkk!! 😊

    BalasHapus

Instagram

Twitter

E-Mail

E-Mail