Mengedit Foto Menggunakan PicsArt : Mosaic

4:06 PM

Yihaaa, Happy new year!!!
Akhirnya bisa ngeblog lagi! Setelah punah beberapa bulan akibat terlalu sok sibuk alias males, dan sekarang gua bisa muncul lagi buat ngasih Tutorial baru. Asik banget kan muncul-muncul langsung ngasih Tutorial.
So kali ini gua mau kasih Tutorial cara edit foto jadi Mosaic, tau kan yang foto kita tar Background-nya ada foto banyak banget. Biasanya kalo di Instagram suka ada yang nawarin bikin Mosaic tapi bayar gitu, kan males banget kalo harus bayar ya selagi bisa gratis :v Awalnya juga kepikiran mau bikin Tutorial ini gara-gara gua di kirimin foto sama Pacar gua yang dia editin gitu, terus jadi penasaran mau coba di PicsArt soalnya dia bikinnya pake Photoshop. Ternyata bisa di buat di PicsArt, jadi deh gua bikin Tutorial ini.
Langsung aja yuk..
Seperti biasa yang kalian perluin cuma aplikasi PicsArt dan foto kalian yang mau di edit, fotonya harus banyak ya supaya makin keren. Disini gua pake 9 foto untuk Background dan 1 foto utama.
Berikut langkah-langkahnya :
Step 1 : Buka PicsArt, pilih Collage kemudian pilih Grid.

Step 2 : Setelah itu pilih Square (1:1) dan pilih grid 9 kotak kayak di contoh.

Step 3 : Atur Corner Radius dan Border jadi 0 supaya gak ada garis pinggir.

Step 4 : Masukkan foto yang mau kalian jadiin Background. Disini gua pake 9 foto yang berbeda, usahain untuk pake foto yang berbeda supaya keliatan bagus. Seletah foto masuk pilih tanda Ceklis lalu Save.

Step 5 : Ulangin lagi langkah 1 sampe 4, tapi bedanya foto yang kalian masukkin jangan foto yang satu-satu. Masukkin foto yang udah kalian edit tadi jadi 9 tadi. Nanti penampakannya jadi kayak gini. Kalo udah selesei tinggal kalian Save lagi.

Step 6 : Nah untuk yang ini kalian sama tinggal ulangin lagi tapi pas pilih Grid jangan yang untuk 9 foto, ganti jadi Grid untuk 4 foto. Nah kalo udah jangan lupa di klik tanda Ceklis.

Step 7 : Setelah semuanya udah kalian pilih Draw.

Step 8 : Pilih Add Photo, dan masukkin foto utama yang kalian mau lalu pilih tanda Ceklis.

Step 9 : Atur foto utama supaya di posisi tengah, lalu pilih Layer dan atur Opacity jadi 75% atau sesuai keinginan kalian. Jangan lupa pastiin yang foto utama itu beda Layer sama si Background. jadi pas ngatur Opacity bakal beda dan gak ngaruh ke Background. Setelah selesei pilih tanda Ceklis.

Step 10 : Pilih Tool lalu pilih Crop, dan Crop fotonya supaya si Background ilang. Kalo udah pilih tanda Ceklis.

Step 11 : Sampe sini sebenernya sih udah, tapi kalo gua kurang puas gitu soalnya masih ngeliatnya rada aneh dan kurang real. Kalo kalian juga gitu, bisa di tambahin effect kayak gua. Kalian tinggal pilih Effect terus pilih Fx dan kemudian pilih Dodger.

Step 12 : Atur Fade-nya jadi 25. Kalo udah tinggal pilih tanda Ceklis lalu Save.
Jadi deh!
Gampang kan? Sebenernya sih ini gak terlalu susah amat, cuma kadang banyak yang males gitu buat ngedit jadi lebih milih yang Instant. Gua yakin gak lama lagi pasti bakal ada aplikasi yang bisa bikin Mosaic langsung tanpa belibet kayak gini hahaha.
But disini keseruannya itu pas kalian nyoba buat bikin sendiri dan cari tau gimana caranya, dari yang gak tau akhirnya jadi tau kan? Yaa walopun belibet banget tapi setidaknya kalian jadi dapet wawasan baru dan gak terima yang Instant doang.
Yaudah ya sampe disini dulu. Tunggu ya untuk Tutorial selanjutnya, tenang aja ada kok gua udah bikin juga bahan Tutorialnya hehehe. Kalo kalian masih bingung atau mau nanya-nanya bisa langsung Mention ke Twitter gua atau Comment di salah satu foto Instagram gua.
Terima kasih ya udah selalu setia baca Blog gua yang gak seberapa ini hahahaha.
See ya!

You Might Also Like

13 komentar

  1. btw thankyou yakk tutorial lu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Gemala!!
      Thanks ya udah berkunjung ;) Semoga tutorialnya membantu hehehe :D

      Hapus
  2. Thankyuuuuuuu tutorial nya , asik jga edit2 begini ^^ hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Agung!
      Seru kan? Cobain lagi yg lain biar makin kreatif ya hahaha. Btw thanks udah berkunjung ya ;)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Bermanfaat banget diaaat aku lagi males buka laptop, ngedit sambil baring pun ga masalah, tengsss ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Nensi Yuliyani! Hehehe thank you ya, lumayan lebih praktis ya di banding harus pake laptop ;) Oia thank you juga udah berkunjung :D

      Hapus
  5. Makasih kak tutorialnya bermanfaat banget ≧∇≦

    BalasHapus
  6. Lagi bingung mau bikin kado apa buat hadiah eh ketemu postingan ini. Makasih kak sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  7. Ko mau crop foto malah ilang semua ya sama gambar utamanya hehe infonya dong gmana?

    BalasHapus
  8. Sangat membantu disaat buntu 😭😊

    BalasHapus

Instagram

Twitter

E-Mail

E-Mail